Rahasia Menjadi Pembicara Hebat

0

PEMBICARA hebat seperti Mario Teguh, James Gwee, dan Hermawan Kartajaya tentu tidak begitu saja sukses dan terkenal. Untuk menjadi seperti sekarang, ada beberapa tahap dan proses.

Prosesnya juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu beberapa latihan dan belajar sebelum melakukannya.

Seperti dikutip di laman liputan6.com,  bahwa menjadi pembicara yang baik itu perlu melakukan seperti di bawah ini:

1. Latihan
Memperbanyak latihan akan membuat Anda terbiasa dengan berbicara di depan banyak orang. Berlatihlah terlebih dahulu di depan kawan atau keluaga Anda.

2. Fokus Pada Topik
Dalam membuat persiapan saat akan berbicara, pilihlah topik yang sangat Anda sukai. Hal ini dapat membantu saat Anda lupa dengan segala persiapan sehingga Anda dapat melakukan inprovisasi saat di atas panggung. Membahas topik yang disuka dapat membuat Anda bereksplorasi lebih banyak.

3. Bahasa Tubuh
Ketika Anda memberikan pidato, penonton tidak hanya mendengarkan isi pidato tetapi juga memperhatikan segala gerak-gerik Anda. Oleh karena itu, bahasa tubuh sangat perlu diperhatikan untuk membuat Anda tampil lebih percaya diri. Cobalah untuk tidak gugup saat berbicara, tarik nafas dalam-dalam dan jangan lupa untuk tersenyum.

4. Lakukan Interaksi dengan penonton
Saat berbicara di depan banyak orang, tak hanya sekedar pesan saja namun Anda juga harus perlu melakukan kontak dengan para penonton. Anggaplah penonton sebagai teman, dengan seperti itu maka Anda dapat lebih tenang saat menyampaikan sebuah pesan. Jangan lupa untuk terus percaya diri dan yakin akan apa yang Anda sampaikan.

Share.

About Author

Comments are closed.