INTERNET telah menyebabkan revolusi dalam komunikasi. Melalui internet orang bisa memperoleh informasi apapun kapanpun dan dimanapun ia berada selama tersambung jaringan internet. Hal ini telah membuka dunia baru serta peluang baru bagi perusahaan maupun individu.
Hadirnya internet, memudahkan publik untuk mencari informasi dan membeli produk/ jasa di dunia online. Untuk itu diperlukan strategi baru bagi PR dalam menghadapi hal ini. PR di tuntut untuk mampu mengikuti perkembangan ini demi tetap terciptanya citra yang positif bagi perusahaannya.
Tantangan Internet untuk PR
Meskipun Internet adalah salah satu penemuan terbesar dalam sejarah manusia, dan secara dramatis telah mengubah dunia komunikasi. World wide web (www) telah membuka sejumlah peluang namun juga tantangan, khususnya dunia PR yang telah menguasai komunikasi melalui media tradisional.
Sementara spesialis PR hampir tidak memiliki saingan di era media tradisional, demokrasi internet telah memaksa mereka untuk bersaing di seluruh dunia.
Internet telah memberikan kemampuan kepada semua orang untuk berbagi pendapat mereka tentang segala sesuatu di seluruh dunia dalam hitungan detik. Internet memiliki kemampuan untuk mencapai ribuan audience. Ini bisa menjadi senjata/ alat yang ampuh bagi PR dalam melakukan perkerjaannya.
NAmun juga bisa menjadi bumerang manakala tidak dikelola dengan baik. Terutama dalam kasus serangan terhadap integritas yang mengancam nama baik perusahaan. Ini akan menjadi pekerjaan yang sulit, manakala sebuah media online telah memuat berita negatif tentang perusahaan, maka dalam hitungan detik berita ini akan langsung tersebar ke ribuan bahkan jutaan audience. Lalu apa yang harus dilakukan oleh PR?
Pentingnya Internet PR
Mengapa perusahaan dan individu yang ingin sukses di dunia modern harus mampu memanfaatkan internet PR? Dunia bisnis tidak terlepas dari persaingan antar perusahaan. Dan terkadang perusahaan tidak bisa menghindar dari persaingan tidak etis yang dilakukan oleh competitor kita. Resiko publikasi negatif tentu saja akan berdampak negatif pada bagi publik perusahaan dan individu. Oleh sebab itu Internet PR menjadi hal yang penting untuk bisa dikelola dengan baik.
Internet memiliki pengaruh besar pada pendapat dan keputusan yang dibuat oleh masyarakat, terutama ketika mereka tidak yakin. Sebagai contoh, katakanlah Joe memiliki kesulitan memutuskan krim anti-jerawat untuk memilih. Dia akan membuka mesin pencari dan mencari informasi tentang krim lalu ia akan mempertimbangkan membeli.
Dia kemungkinan besar akan mempertimbangkan berbagai faktor termasuk harga dan pendapat orang lain, tetapi keputusannya juga akan dipengaruhi oleh informasi yang lengkap tentang produk itu. Dan jika dia menemukan sedikit informasi tentang bagaimana produk seharusnya bekerja, seberapa cepat dia akan dapat melihat hasilnya, dll ada kemungkinan besar bahwa dia tidak akan membeli produk tersebut, jika informasi tentang produk tersebut minim.
Dalam rangka mendorong Joe untuk setidaknya mempertimbangkan membeli krim, ia butuh informasi yang akurat, dapat dipercaya dan informasi up-to-date tentang kedua produk dan perusahaan Anda. Dan hal ini dapat dicapai hanya melalui PR Internet yang efektif. RWD