Meningkatnya penggunaaan smartphone di dunia menyebabkan mobile marketing menjadi salah satu cara pemasaran yang sangat dipertimbangkan. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna mobile device yang cukup besar. Hal ini berakibat semakin seringnya akses terhadap konten mobile yang akhirnya meningkatkan potensi lebih luas untuk berinovasi dalam mobile marketing.
Mobile Marketing Association Warc telah melakukan survei di kawasan Asia Pasifik dengan melibatkan 287 koresponden di 17 negara. Salah satu temuannya menyatakan bahwa Indonesia menempati posisi negara ketiga terbesar (21%) dalam penggunaan mobile marketing, sementara posisi pertama diduduki Singapura (24%) dan posisi kedua oleh India (22%).
Survei dikirim kepada para brand advertiser, creative agency, dan specialist mobile agency. Menurut pengalaman marketer di Asia Pasifik, mereka meyadari betapa sangat penting (65%) mobile marketing bagi industri pemasaran dan melihatnya sebagai channel yang cukup efektif (54%) untuk masa kini dan yang akan datang.
Mobile marketing yang dinilai penting dan akan terus berkembang dalam lima tahun ke depan dapat dilihat potensinya dari tiga sisi, yaitu sisi biaya, strategi dan inovasi.