Pada era keterbukaan saat ini, PR atau public relations menjadi ujung tombak perusahaan dalam memberikan masukan strategi sekaligus membangun brand sebuah perusahaan serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat luas.
Pentingnya PR bagi Perusahaan
Tidak hanya bagi perusahaan besar saja, namun sekarang ini perusahaan-perusahaan kecil pun mulai memakai jasa Public Relations atau PR. Mengapa?
Dengan semakin dikenalnya brand perusahaan tersebut oleh masyarakat luas, maka akan berdampak pada pertumbuhan bisnisnya.
Meski dinilai penting, masih banyak pula pelaku usaha yang sebetulnya belum memanfaatkan layanan PR secara strategis karena menganggap bahwa layanannya terbilang mahal.
Namun saat ini untuk kegiatan komunikasi dan pemasaran, justru jasa PR lebih murah jika dibanding advertising.
Konsumen juga kian cerdas dan semakin ingin tahu sebelum memilih sebuah produk ataupun jasa. Untuk itulah, faktor trust menjadi sangat signifikan.
Inilah salah satu hal yang membuat PR penting bagi perusahaan.
Hal ini tidak bisa dilakukan oleh advertising karena sifatnya yang one way (komunikasi satu arah). Berbeda dengan PR yang dapat membangun percakapan dan diskusi antara produsen dan konsumen.
Banyak yang mengira PR dan advertising adalah dua hal yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.
Selain harga, salah satu perbedaan PR dan advertising yang signifikan ialah isi pesan komunikasi dan juga penggunaan media.
PR memiliki pesan komunikasi yang lebih jujur karena dibuat langsung oleh jurnalis media. Hal ini tentu saja akan membuat impresi masyarakat terhadap perusahaan menjadi lebih baik.
Persepsi publik memegang peranan penting terhadap perusahaan. Berdasarkan itulah mengapa PR merupakan aspek yang patut diperhitungkan untuk kepentingan perusahaan.