Penghargaan untuk brand terbaik global kembali digelar tahun ini. Ajang paling bergengsi ini biasa disebut dengan World Branding Awards 2018. Acara ini digelar di State Apartments of Kensington Palace, London, Rabu (31/10).
Acara ini telah memberikan penghargaan ‘Brand of The Year’ ke 270 merek dari 33 negara untuk beberapa kategori, mulai tingkat global hingga nasional.
Beijing Tong Ren Tang, BMW, Cartier, Club Med, JinkoSolar, Johnnie Walker, Lego, L’Oreal, Louis Vuitton, Nescafe, Rolex, Samsung, Schwarzkopf, dan Yakult merupakan nama-nama yang menjadi jajaran pemenang global tahun ini.
Jajaran pemenang regional diraih oleh Ajinomoto, Uniqlo (Jepang); Giordano, Optical 88, Sasa, Shangri-La (Hong Kong); Indomie (Indonesia); LuLu; RAK Ceramics (United Arab Emirates); MTN (Afrika Selatan); dan Zara (Spanyol).
Sementara itu, jajaran pemenang nasional dari Indonesia meliputi Bintang, Cinema XXI, Electric City, Garuda Indonesia, HokBen, Indovision Digital, dan Pertamina.
Para pemenang diseleksi melalui tiga tahapan penjurian yang sangat ketat, yakni: valuasi brand, riset pasar konsumen, dan voting publik online. 70 persen penilaian berasal dari suara para konsumen. Hanya ada satu pemenang pada masing-masing kategori per negara.
“Penghargaan ini merupakan bentuk pencapaian berbagai brand hebat dari berbagai belahan dunia. Dengan jumlah rata-rata hanya enam pemenang per negara, tentunya ini menjadi sebuah kebanggaan untuk meraih penghargaan ini,” ujar Chairman World Branding Forum Richard Rowles yang dilansir oleh Antara (1/11).
Tahun ini, ajang penganugerahan penghargaan ini dipecah menjadi dua seremoni, dimana seremoni penganugerahan penghargaan brand-brand dari kawasan Amerika dan Karibia telah terlebih dahulu diselenggarakan di New York pada awal Juli lalu. Dalam proses voting, sedikitnya 23.000 konsumen dari seluruh dunia turut memberikan suara mereka.
Sumber: Akurat.co