Istilah SEO dan SEM mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat umum. Artikel ini akan membahas tuntas mengenai perbedaan SEO dan SEM serta bagaimana memilih teknik yang tepat untuk bisnis Anda
Para pelaku bisnis di dunia digital pasti sering mendengar istilah tersebut. Ya, SEO dan SEM sering sekali disandingkan bersama, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Dengan mengenal kedua istilah ini, Anda tentu dapat memilih teknik mana yang paling cocok untuk memasarkan bisnis Anda.
Pengertian SEO
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Jika diartikan, SEO merupakan proses optimasi website dengan semua aspeknya agar memiliki peringkat tinggi di mesin pencari.
Mesin pencari memiliki banyak sekali jenisnya, seperti Yahoo!, Bing, serta MSN Search. Namun, yang paling banyak dipakai oleh masyarakat dunia adalah Google.
Manfaat SEO pada Website
“The best place to hide a dead body is page two of Google.”
– Unknown
Ada pepatah yang mengatakan bahwa tempat terbaik untuk menyembunyikan sesuatu adalah halaman kedua Google. Mengapa demikian?
Google memiliki algoritma yang sangat canggih. Besar kemungkinan bahwa apa yang Anda cari berada di halaman pertama Google. Saking canggihnya, pengguna (terkadang) tidak perlu melihat ke halaman kedua Google untuk mencari sesuatu.
Jika Anda memiliki bisnis dan ingin mendapatkan pengunjung tambahan di website Anda, maka jawaban utamanya adalah SEO. Dengan melakukan SEO, Anda bisa meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencari. Semakin tinggi peringkat Anda di mesin pencari, maka semakin besar kemungkinan pelanggan potensial untuk meng-klik website Anda.
Semakin tinggi jumlah pengunjung website Anda, maka semakin besar kemungkinan produk Anda dibeli.
Tujuan utama SEO adalah untuk meingkatkan traffic atau menambah jumlah pengunjung ke website Anda. Untuk mencapai tujuan tersebut, para pelaku SEO selalu mengacu pada aturan SEO yang, sayangnya, tidak tertulis.
Aturan-aturan ini kerap berubah seiiring dengan adanya perubahan pada algoritma mesin pencari terkait. Namun, untuk menerapkan SEO pada website Anda, Anda bisa melakukan On-Page SEO dan Off-Page SEO.
On-Page SEO
Sama seperti namanya, On-Page SEO adalah SEO yang dilakukan di dalam halaman tersebut, di antaranya ialah:
- Menuliskan taget kata kunci ke dalam judul artikel, heading tag, dan meta description
- Merapikan format URL halamanAnda
- Mengoptimalkan kecepatan loading page website Anda. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan speed test website
Off-Page SEO
Jika On-Page SEO berada di halaman dan berkaitan dengan aspek internal website, Off-Page SEO adalah kebalikannya. Aspek ini mengandalkan faktor eksternal, seperti:
- Membuat backlink yang berkualitas tinggi. Untuk selengkapnya Anda bisa melihat caranya di Blog Niaga Hoster
- Menerapkan Local SEO dengan Google Business
- Mempromosikan link website Anda di Social Media
Pengertian SEM
SEO sendiri merupakan komponen dari kategori yang lebih besar, yakni Search Engine Marketing (SEM). SEM merupakan sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari, dan salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan SEO.
Selain SEO, masih ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan SEM Anda. Salah satunya ialah penggunaan penelusuran berbayar, seperti daftar bayar per klik (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Sebagian besar kegiatan yang dilakukan SEM adalah kampanye berupa iklan yang memasarkan bisnis Anda di mesin pencari terkait.
Perbedaan SEO dan SEM
SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat website tersebut muncul di peringkat tertinggi pada halaman mesin pencari. Sedangkan SEM memiliki jangkauan yang lebih besar dan dapat menghasilkan pencarian organik maupun berbayar.
Oleh karena itu, SEM dianggap mampu mencakup lebih banyak hasil pencarian dan lebih efektif untuk mengundang pengunjung website.
Kesimpulan
Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa SEO adalah sebuah komponen dari taktik yang lebih besar, yakni SEM. Meski mereka bekerja secara berdampingan, ada status hierarki yang membedakan.
SEO adalah bagian dari SEM, namun SEM bukan bagian dari SEO.
Keduanya sama pentingnya untuk dijalankan dan memiliki kelemahan masing-masing. SEO membutuhkan kesabaran dan waktu yang cukup lama. Sedangkan SEM menggunakan iklan berbayar yang dapat dilakukan dalam waktu lebih singkat, namun teknik ini membutuhkan dana lebih.
Jalan terbaik adalah dengan menggunakan keduanya di saat bersamaan untuk memberikan hasil yang efektif dan bertahan dalam jangka waktu panjang.
Atau, Anda juga dapat mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu untuk mengetahui teknik mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda dengan berkonsultasi pada Strategy PR. Sebelum menjalankannya, pastikan Anda mengetahui perbedaan SEO dan SEM agar lebih tepat sasaran.