Langkah Membangun Strategi Pemasaran di Media Sosial

0

Di era yang serba canggih ini, berbagai bisnis yang dikembangkan semakin menjamur karena tersedianya teknologi pendukung. Salah satu pemanfaatan teknologi yang mulai dilakukan orang-orang ialah menggunakan sosial media sebagai alat untuk memasarkan bisnis lewat strategi pemasaran sosial media.

Social Media Marketing atau yang lebih dikenal dengan Pemasaran di Sosial Media memegang peranan penting bagi perkembangan bisnis, terutama di era digital ini. Alasan yang membuat tak sedikit orang yang memanfaatkan sosial media adalah karena sangat mudah digunakan dan biayanya yang murah.

Tidak heran jika mulai banyak pebisnis yang membangun strategi pemasaran di sosial media. Strategi ini penting untuk dibangun kara pebisnis perlu memahami karakteristik sosial media yang digunakan beserta hubungannya dengan bisnis yang sedang direpresentasikan.

Cara Membangun Strategi Pemasaran di Sosial Media

Setiap sosial media memiliki karakteristik, setidaknya mewakili hal berikut; jenis audiens, ukuran, serta konten seperti apa yang efektif untuk direpresentasikan.

Agar bisnis Anda berjalan lancar di situs jejaring sosial, Anda perlu membangun strategi pemasarannya terlebih dahulu, antara lain:

  1. Fokus Pada Satu Sosial Media

Media sosial yang tersedia saat ini sudah cukup banyak, namun jangan sampai hal ini malah membuat Anda terjebak di berbagai patform. Sebaiknya pilih satu platform sosial media terlebih dahulu yang sesuai dengan target pasar Anda.

Strategi ini tidak hanya membuat Anda lebih fokus, namun juga berguna untuk bisnis skala kecil yang sumber dayanya terbatas. Jika Anda menjalankannya sendiri, kemungkinan besar Anda tidak akan sanggup mengurus beberapa media sosial sekaligus.

Jadi, cara yang efektif untuk menjalankan strategi pemasaran via media sosial pertama-tama adalah fokus pada satu media sosial saja untuk memasarkan bisnis Anda.

2. Membangun Kredibilitas

Membangun kepercayaan untuk suatu bisnis di media sosial tidaklah serumit yang dibayangkan. Anda tidak tidak harus memiliki banyak pengikut atau followers, tapi hanya perlu menghubungkan bisnis dengan orang-orang yang tepat.

Langkah untuk memulai strategi pemasaran ini dapat dimulai dengan membangun brand awareness. Caranya ialah dengan menggambarkan identitas brand  secara visual, seperti mendesain tampilan website, blog, dan media sosial agar sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Apabila tidak dapat melakukannya sendiri, Anda dapat meminta bantuan kepada desainer profesional untuk mendesain blog dan website agar lebih menarik.

3. Fokus Pada Target

Kesalahan yang paling sering terjadi pada pengusaha yang baru menjalankan strategi social media marketing adalah mengincar seluruh orang. Ini adalah kesalahan terbesar, Mengapa?

Sebab Anda bisa memilih orang-orang yang memang menjadi fokus Anda dan potensial untuk menggunakan jasa atau bisnis Anda. Tak perlu mengincar orang yang tidak tertarik dengan bisnis tersebut karena hal tersebut hanya akan membuang tenaga saja. Fokuslah pada konsumen yang ingin Anda incar.

4. Membangun Relasi di Sosial media

Dalam dunia sosial media, membangun koneksi sangatlah penting. Strategi ini tidak hanya untuk pemasaran, namun juga untuk membangun brand awareness. Tidak dapat dibantah lagi jika aktif dalam memanfaatkan jejaring sosial maka nanti Anda bisa berkomunikasi dengan banyak orang, baik yang berasal dari luar kota atau bahkan internasional.

Dalam memaksimalkan bisnis Anda agar dapat berkembang di media social, maka tambah dan perluaslah relasi Anda. Dengan begitu, kemungkinan besar Anda dapat bertemu dengan calon investor yang tertarik dengan bisnis Anda.

5. Memperhitungkan Waktu dan Uang

Waktu adalah uang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk fokus dan efisien dalam menjalankan strategi pemasaran di sosial media.

Cara mudah untuk tetap pada tujuan sosial media Anda antara lain:

  1. Menjabarkan tujuan Anda
  2. Tulis tujuan Anda
  3. Membuat rencana untuk secara jelas membuat strategi, objektif dan taktik.
  4. Mengatur deadline dari tujuan yang dapat Anda capai secara realistis.

Apabila Anda merasa bahwa Anda telah keluar dari jalur, coba lihat lagi rencana yang telah Anda buat dan kembali ke rencana awal.

6. Gunakan Sebagai Ruang Percakapan yang Menarik

Tidak hanya bisa membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang berguna, tetapi media sosial juga membantu Anda untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan.

Anda bisa menyimpan dokumentasi dari semua aktivitas penting di media sosial dan coba membangun konten yang mengundang komentar dari followers

7. Membuat Konten yang Menarik

Strategi pemasaran media sosial dikatakan efektif apabila bisa menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri. Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih, tetapi apabila hal tersebut bisa dilakukan dengan baik, maka Anda dapat meningkatkan traffic terhadap media sosial Anda.

Pastikan bahwa setiap bagian konten yang dibuat telah memiliki pesan yang berharga bagi pembaca, sehingga mereka akan mengklik tombol follow. Ciri konten yang menarik yaitu dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, serta dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membaca.

8. Menggunakan Gambar yang Baik dan Menarik

Penggunaan gambar yang menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa digunakan ketika membuat gambaran bisnis dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pelanggan serta membuat informasi menjadi mudah dicerna bagi pelanggan.

9. Lakukan Secara Bertahap

Apabila langkah di atas telah Anda lakukan secara berkala dan telah mendapatkan hasil yang signifikan, kini adalah saatnya Anda menggunakan platform sosial media yang lain. Baik itu Fcaebook, Twitter, atau bahkan Instagram.

Sebaiknya, gunakan Instagram terlebih dahulu untuk usaha kecil. Selanjutnya Anda dapat menggunakan:

•           Facebook: Jika Anda menjual banyak produk

•           LinkedIn: Untuk pelanggan di bidang pekerja atau eksekutif

•           Twitter: Untuk menarik minat generasi muda

Jika Anda sudah menentukan satu sosial media yang akan Anda gunakan, Anda bisa mempromosikan konten Anda secara menyilang antar sosial media yang telah Anda pilih.

Cara Menyusun Strategi Pemasaran di Sosmed

Nah, tidak sulit bukan? Membangun strategi pemasaran di media sosial memang tidak mudah, tapi jika Anda telah mengetahui triknya dengan baik, maka siapa saja pasti bisa melakukannya. Dengan diverfikasinya pemasaran online Anda, Anda akan memperluas jangkauan bisnis Anda lebih dari yang Anda bayangkan.

Untuk bantuan aktivasi digital atau sosial media, Anda bisa menghubungi Strategy PR.

Share.

About Author

Comments are closed.