Pengertian Media Monitoring
Pasca Reformasi 1998, Indonesia berkembang menjadi salah satu negara dengan iklim kebebasan berpendapat paling terbuka di dunia. Hal ini menimbulkan iklim kebebasan pers yang kini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha di Indonesia.
Di situasi inilah peranan Public Relations menjadi penting, salah satunya guna melakukan media monitoring. Media monitoring ialah salah satu jasa yang dibutuhkan baik itu pebisnis maupun organisasi non-profit. Lantas, apa itu media monitoring?
Pengertian media monitoring adalah proses membaca, melihat, mendengarkan konten media baik online maupun offline untuk kemudian diidentifikasi dan dianalisa terutama konten yang mengandung kata kunci atau topik tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Manfaat Media Monitoring
Kini bukan hanya publik figur seperti artis dan musisi saja yang mampu memberikan pengaruh, tetapi juga pejabat publik dan akun-akun resmi pemerintah yang cukup banyak memberikan pengaruh terhadap audiens di dunia maya.
Hal ini berpengaruh terhadap cakupan manfaat media monitoring, sehingga media monitoring tidak hanya sebatas mampu menganalisa dan mengumpulkan data-data yang terjadi di media online tetapi juga tren terkini di media sosial.
Contohnya cuitan-cuitan tokoh politik, pejabat publik yang saling membalas cuitan di Twitter menjadi hal yang cukup menarik untuk dijadikan konten bahkan menjadi ide-ide baru bagi marketing.
Tanpa menggunakan alat bernama media monitoring tentu saja Anda akan kesulitan untuk mengumpulkan data, mencari tokoh yang berpengaruh dalam percakapan yang terjadi, siapa yang pertama kali memulai atau melempar isu serta menganalisa respon yang ada.
Hal ini menjadikannyasebagai pekerjaan yang kompleks dan memerlukan jasa profesional di bidang media monitoring.
Tujuan Media Monitoring
Media monitoring bertujuan untuk mendeteksi dan mengantisipasi secara dini isi dari sebuah artikel, berita atau naskah berita, dan iklan media massa.
Di mana isinya berkaitan dengan sebuah peristiwa, menyangkut siapa, mengapa bisa terjadi, sumberdaya publik yang berkaitan, kebijakan, dan dampak apa yang terjadi atau harus diantisipasi serta hal lainnya.
Kelebihan Media Monitoring Indonesia
Itulah mengapa media monitoring hadir. Sudah cukup banyak perusahaan media monitoring Indonesia yang mampu bersaing dengan perusahaan dari luar negeri yang memberikan laporan serta fitur menyeluruh yang dibutuhkan perusahaan.
Salah satu kelebihan dan keistimewaan media monitoring Indonesia adalah pemahaman mendalam soal budaya dan kearifan lokal setempat. Akan sangat sulit sekali media monitoring asing yang tidak memahami bahasa serta budaya lokal setempat sehingga dikhawatirkan justru membuat perusahaan salah dalam menanggapi sebuah isu.
Keywords maupun topik menjadi salah satu data yang dikumpulkan, diolah dan dianalisa sehingga harapannya dapat memberikan insight kepada perusahaan.
Dengan berkembangnya teknologi digital, kebutuhan social media monitoring merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditawar lagi.
Hal tersebut jelas akan lebih memudahkan perusahaan maupun pebisnis untuk mengolah, merespons dan menentukan kebijakan yang tepat ketika ada media yang memberitakan perusahaan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang dibangun perusahaan.
Pembagian Media Monitoring
- Media clipping adalah dokumentasi berupa artikel, naskah berita, dan iklan media massa. Bentuknya dapat berupa teks dan video.
- Media tracking adalah untuk melacak jejak opini publik atas suatu kejadian (events) tertentu atau isu-isu tertentu pada media massa.
- Media content analysis atau analisis isi adalah suatu metode untuk menganalisis isi sebuah teks. Pendekatan metode ini adalah kuantitatif: teks ditafsirkan dalam unit analisis yang bisa dihitung.
Poin terakhir inilah yang membedakan PR Agency seperti Strategy PR dalam melakukan media monitoring. Di mana tahapan analisis bertujuan untuk mendapatkan pemahaman struktur makna sebuah teks secara konsisten. Metode ini diterapkan untuk analisis teks dalam media.
Bagaimana Cara Kerja Media Monitoring?
Proses media monitoring dimulai dengan profil pencarian dan pencarian istilah atau kata kunci. Profil pencarian mengandung istilah layanan: media yang akan dipantau, jenis artikel dan/atau penyebutan untuk disampaikan, periode waktu pemantauan, dan metode pengiriman artikel.
Istilah pencarian adalah kata-kata kunci atau frasa yang harus muncul di artikel seperti nama organisasi atau afiliasinya atau mereknya. Sebuah artikel mengandung kata kunci biasanya disebut sebagai “klip”. Klip disampaikan baik secara fisik melalui surat atau sebagai file digital, biasanya melalui email. Mereka juga dapat dikirimkan melalui RSS feed atau melalui feed FTP.
Pemantauan media adalah proses membaca, menonton, atau mendengarkan konten editorial sumber media, dan kemudian, mengidentifikasi, menyimpan, dan menganalisis konten yang berisi kata kunci atau topik tertentu.
Manfaat Social Media Monitoring
Brand Sentiment Analysis adalah pengolahan kata untuk melacak mood masyarakat tentang produk atau topic tertentu. Dengan memberikan laporan secara komprehensif mengenai gambaran suatu produk di mata konsumen, di mana gambaran tersebut bisa jadi positif atau negatif.
Jangkauan untuk analisa brand sentiment mencakup Social Media yang dikelola oleh merek dan media internet lainnya akan termonitor baik dengan Social Media Monitoring.
Competitor analysis adalah sebuah metode untuk menggali informasi terkait manajemen pemasaran dan strategi perusahaan dengan tujuan untuk menemukan kekuatan dan kelemahan kompetitor. Competitor Analysis memberikan strategi ofensif dan defensif untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman atau yang lebih dikenal sebagai analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat).
Customer insight merupakan kemampuan perusahaan dalam mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggan. Melalui customer insight ini akan terbentuk interaksi yang konsisten dengan konsumen, baik dalam hal pemasaran, penjualan, dan pelayanan, yang terintegrasi pada jalur penyampaian layanan.
Share Of Voice Dan Buzz Social adalah proporsi total audiens yang membicarakan tentang industri Anda, Share of voice menunjukkan ranking Anda dibandingkan kompetitor di market. Dalam hal ini, share of voice sangat penting sebagai analisa pengguna terhadap produk apakah tinggi atau sebaliknya dan sebagai bentuk pencegahan jika bahan pembicaraan di social media bersentimen negatif.
Kesimpulan
Berikut ialah pengertian media monitoring beserta dengan manfaat dan cara kerjanya. Media monitoring tidak hanya dibutuhkan oleh tokoh terkenal saja, namun sebaiknya juga dimiliki oleh pebisnis maupun perusahaan.
Hal ini akan berdampak positif terhadap pengambilan keputusan dan juga menentukan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Untuk jasa media monitoring terbaik di jakarta, Anda bisa menghubungi Strategy PR.