Citra atau reputasi bagi perusahaan adalah hal yang sangat berarti. Bagaimana publik atau masyarakat memberikan penilaian pada perusahaan, kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan, hingga memilih produk terbaik. Ini adalah salah satu fungsi PR dalam perusahaan.
Membangun atau memperbaiki citra perusahaan tersebut ialah fungsi yang utama. Pada beberapa perusahaan, bagian ini dimasukkan kedalam struktural namun beberapa perusahaan lainnya lebih memilih untuk menggunakan jasa konsultan public relations dengan alasan-alasan tertentu.
Tugas public relation dalam perusahaan terbagi menjadi beberapa bagian. Pembagian tugas public relation pada satu perusahaan dengan perusahaan lainnya belum tentu sama tergantung dengan kebutuhan perusahaan tersebut.
Selain itu, public relation juga tidak akan terlepas dari media relation yang memiliki tugas untuk mengatur hubungan baik dengan media, mengatur arus informasi ke media, dll.
Dalam artikel ini, kami akan membahas 13 fungsi PR dalam perusahaan.
Tugas Public Relations pada Perusahaan
1. Conseling
Fungsi public relations bagi perusahaan juga merupakan salah satu konseling yang dapat memberikan dan menyediakan berbagai saran kepada pihak internal managemen. Biasanya, PR memberikan saran yang berhubungan dengan berbagai kebijakan, relasi, dan komunikasi antara perusahaan dengan publik.
2. Research
Sebagai bagian perusahaan yang bersinggungan dengan publik, PR juga memiliki fungsi sebagai tim yang meriset perilaku publik. Data-data dari hasil riset terkait dapat digunakan untuk merancang strategi PR perusahaan dalam mempengaruhi dan menyakinkan publik tentang pentingnya perusahaan bagi mereka.
3. Media Relations
Salah satu alat yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan publik luas yaitu dengan menggunakan media massa. Public relations berfungsi sebagai sebagai bagian perusahaan yang melakukan berbagai kerja sama dengan semua media untuk kepentingan perusahaan.
4. Publicity
Melalui berbagai media massa yang telah menjadi “partner” dalam bekerja, public relation dapat melakukan publisitas atau merespon ketertarikan publik terhadap perusahaan. Tujuan dari publisitas ini adalah untuk menyampaikan berbagai pesan terencana untuk meningkatkan ketertarikan publik pada perusahaan.
5. Public Affairs
Public Affairs merupakan fungsi public relation dalam perusahaan yang terkait dengan bagaimana membangun keterlibatan secara aktif (melobi) dengan pemerintah dalam berbagai kebijakan publik. Melobi sendiri menurut Kotler adalah kegiatan yang berhubungan dengan legislator dan pejabat pemerintah dalam mempromosikan atau menolak undang-undang atau peraturan.
6. Issues Management
Mengelola isu yang berkembang di masyarakat terkait dengan perusahaan, merupakan fungsi seorang public relation. Dalam fungsinya tersebut public relations melakukan identifikasi dan evaluasi atas berbagai isu yang sekiranya akan berdampak terhadap perusahaan. Hal ini juga kerap disebut dengan Manajemen Krisis.
7. Financial Relations
Para penanam modal bagi perusahaan merupakan sebuah aset besar yang perlu dipertahankan. Di sinilah peran penting public relations dalam perusahaan, dimana berfungsi untuk menjaga dan menciptakan kepercayaan mereka melalui berbagai cara.
8. Multicultural Relations/Workplace Diversity
Perusahaan selain berdiri sebagai lembaga komersial, tentu juga berdiri sebagai lembaga yang harus tanggap terhadap lingkungannya. Untuk itulah Public Relations bagi perusahaan juga memiliki fungsi dalam menjalin hubungan dengan individu-individu dari berbagai kelompok golongan dan budaya.
9. Special Events
Event-event khusus bisa diselenggarakan dalam rangka mencuri perhatian publik yang lebih luas agar mereka memiliki ketertarikan pada produk ataupun perusahaan. Dalam hal ini tim Public Relations dapat membuat agenda acara yang tentu disesuaikan dengan target marketnya.
10. Marketing Communication
Fungsi Public Relations untuk memadukan aktifitas pemasaran dengan mengadakan kegiatan khusus sekaligus membangun citra publik yang positif. Tidak hanya untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap perusahana, namun juga untuk meningkatkan penjualan produk.
Itulah 10 fungsi public relations dalam perusahaan. Fungsi ini juga dapat dilakukan oleh Strategy PR sebagai salah satu agensi public relations terpercaya yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.