Mengenal Corporate Communication Beserta Fungsinya

0

Corporate Communication

Corporate Communication atau Komunikasi Korporat menjadi salah satu ujung tombak dalam menjaga citra perusahaan di mata publik, di mana strategi atau sistem komunikasi yang disusun secara baik oleh seorang Corporate Communication dapat membangun citra yang positif terhadap perusahaan. Salah satu fungsi Corporate Communication ialah untuk membangun kepercayaan publik dan memberikan efek positif bagi kelanjutan usaha sebuah perusahaan.

Komunikasi yang dibangun oleh Corporate Communication bukan hanya kepada pihak luar, namun penting juga disampaikan pada pihak internal perusahaan untuk membangun budaya kerja yang kondusif dan menciptakan efektivitas kerja agar visi dan misi perusahaan dalam menjalankan bisnis dapat berjalan dengan baik.

Konsep Corporate Communication dapat dilihat sebagai struktur komunikasi integratif yang menghubungkan para pemilik kepentingan kepada perusahaan. Struktur Corporate Communication adalah sebuah sistem yang memungkinkan perusahaan untuk mengatur segala bentuk dan jenis komunikasi secara strategis.

Pengertian Corporate Communication

Corporate communication adalah bagian dari seluruh organisasi dengan pesan yang dikeluarkan oleh perusahaan, badan, atau lembaga tersebut untuk publik.

“Publik” dapat berupa internal (karyawan, stakeholder, dan pemegang saham yaitu saham) dan eksternal (lembaga, mitra saluran, media, pemerintah, badan industri dan lembaga, masyarakat pendidikan dan umum).

Social media dapat menjadi salah satu media untuk melakukan kegiatan Corporate Communication

Corporate Communication adalah himpunan kegiatan yang terlibat dalam mengelola dan mendalangi semua komunikasi internal dan eksternal yang bertujuan untuk memberikan dampak positif terhadap perusahaan dan pemangku kepentingan.

Tugas & Ruang Lingkup Corporate Communication

Corporate Communication mempunyai tugas menjaga kepuasan stakeholders, termasuk pemegang saham dan pemerintah. selain itu, bidang ini juga bertanggung jawab terhadap pencegahan dan pemecahan krisis yang dapat mematikan perusahaan.

Ruang lingkup Corporate communication mulai dari menjalin komunikasi internal dan eksternal, menjaga reputasi perusahaan, mempromosikan produk, mengawasi program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) maupun mencegah krisis yang mungkin terjadi.

Menurut survei- survei terakhir, ruang lingkup corporate communication meliputi:

1.         Komunikasi internal/eksternal

2.         Mengatur reputasi dan merek perusahaan

3.         Merekrut dan mempertahankan bakat-bakat unggul

4.         Meluncurkan produk

5.         Mengembangkan strategi perusahaan

6.         Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)

7.         Menaikkan persepsi investor/ analis

8.         Mengatasi krisis

Fungsi Corporate Communication

Beberapa tugas dan fungsi Corporate Communication terhadap segala bentuk dan konsep informasi perusahaan adalah:

  1. Untuk menyempurnakan profil dari perusahaan (corporate branding)
  2. Untuk meminimalkan perbedaan antara identitas perusahaan yang diinginkan dan fitur merek dari sebuah produk yang dihasilkan perusahaan
  3. Untuk mendelegasikan tugas-tugas dalam komunikasi
  4. Untuk merumuskan dan melaksanakan prosedur yang efektif untuk membuat keputusan mengenai urusan komunikasi
  5. Untuk menggerakkan dukungan internal dan eksternal demi tujuan-tujuan perusahaan
  6. Untuk berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan bisnis internasional
Kegiatan Corporate Communication melalui event

Dapat disimpulkan bahwa Corporate Communication mempunyai tugas yang sangat sensitif, yakni menjaga kepuasan para stakeholders termasuk pemegang saham dan pemerintah. Corporate Communication bertanggung jawab terhadap pencegahan dan pemecahan krisis yang dapat mematikan perusahaan.

Pekerjaan-pekerjaan ini membutuhkan kedekatan dan dukungan penuh dari pimpinan-pimpinan perusahaan, serta pemegang saham mayoritas.

Berkomunikasi dengan pihak tersebut tentu membutuhkan skill khusus dengan kepekaan yang mendalam. Oleh karena itu, konsultasi pada ahlinya kerap dibutuhkan untuk menangani komunikasi publik yang sensitif.

Konsultasi mengenai Coroporate Communication salah satunya dapat dilakukan dengan Strategy PR yang telah memiliki pengalaman belasan tahun di bidang relasi publik. Kami menangani relasi media, manajemen krisis, media monitoring, hingga social media campaign.

Share.

About Author

Comments are closed.