Tips Membangun Social Media Campaign yang Tepat

0

Social media campaign adalah sebuah upaya pemasaran yang terkoordinasi untuk memperkuat informasi tentang produk melalui media sosial.

Berbeda dari pemasaran yang Anda lakukan sehari-hari di media sosial, social media campaign membutuhkan peningkatan fokus, target, dan pengukuran yang tepat. Lalu, bagaimana tips membuat social media campaign yang baik?

Social media campaign telah dilakukan oleh banyak brand dengan berbagai tujuan dan konsep. Beberapa brand membawa isu-isu sosial dalam campaign mereka atau membahas sesuatu yang sedang popular. Namun, tujuan besar mereka tetap sama yaitu memasarkan produk mereka.

Memanfaatkan social media marketing untuk keperluan bisnis sangat penting karena angka pengguna social media terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, sebagian orang juga yang mempunyai lebih dari satu akun media sosial.

Tips Membuat Social Media Campaign yang Tepat

Banyak yang beranggapan bahwa keberhasilan sebuah campaign dikarenakan faktor keberuntungan semata. Mereka menilai bahwasanya keberuntungan tersebut berasal dari jenis campaign yang menarik perhatian orang melalui konten yang viral.

Padahal, analisis yang mendalam merupakan faktor utama keberhasilan sebuah campaign. Mereka pun harus meriset pasar, menganalisis konten, serta melihat campaign kompetitor.

Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam membuat social media campaign, yaitu:

1. Menentukan Pasar

Pada dasarnya, target pasar merupakan hal yang paling mendasar sebelum membuat sebuah campaign. Untuk menemukan target pasar, kita harus mengetahui terlebih dahulu ruang lingkup kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh calon konsumen. Hal tersebut yang sering disebut sebagai buyer persona. Melalui buyer persona, sebuah brand akan menyesuaikan dirinya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Oleh karena itu, menentukan buyer persona bagi sebuah brand sangat lah penting untuk menunjang target pasar. Namun, sebelum menentukan buyer persona, kita harus menganalisis terlebih dahulu target pasar yang sesuai dengan produk kita.

2. Menganalisis Kompetitor

menganalisis kompetitor mampu memberikan wawasan bagi kita terhadap jenis campaign yang tepat. Kita bisa belajar dari kompetitor dengan melihat campaign seperti apa yang berpotensi viral di media sosial. Untuk mengetahui cara menganalisis kompetitor, kita bisa melihat panduan mengenai cara menganalisis kompetitor di media sosial.

3. Memperhatikan Pesan Marketing

Salah satu hal penting yang dimiliki oleh marketing campaign adalah sebuah konten. Sebuah konten merupakan “nyawa” yang menentukan apakah campaign tersebut akan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, menciptakan sebuah konten yang berkualitas harus lah ditopang dengan analisis konten yang kuat.

Dalam dunia marketing, setiap konten yang dibuat haruslah mengandung pesan marketing atau yang sering dikenal dengan istilah 3C, yaitu:

  • Communicative, di mana informasinya jelas dan tidak membingungkan pembaca.
  • Compelling, yakni informasinya harus menarik dan memiliki ciri khas (gaya bahasa dan visual)
  • Consistent, yaitu informasinya harus konsisten.

4. Memantau Kinerja Campaign

Memantau kinerja campaign merupakan langkah terakhir untuk menentukan apakah campaign tersebut berhasil atau tidak. Untuk menentukan hal tersebut, kita harus menggunakan alat ukur yang tepat dan akurat.

Anda juga perlu menentukan KPI atau Key Performance Indicator untuk menentukan apakah cmapaign yang berjalan tersebut berhasil atau tidak.

Share.

About Author

Comments are closed.