6 Tips Menjadi Public Speaker Handal

0

Intip 6 rahasia menjadi pembicara hebat berikut ini!

PEMBICARA hebat seperti Mario Teguh, James Gwee, dan Hermawan Kartajaya tentu tidak begitu saja sukses dan terkenal. Untuk menjadi seperti sekarang, ada beberapa tahap dan proses.

Prosesnya juga tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu beberapa latihan dan belajar sebelum melakukannya.

Mungkin Anda merasa bingung tentang bagaimana seseorang bisa memberikan presentasi yang menarik di hadapan ratusan orang dengan mudah.

Kunci untuk membuat banyak orang tertarik adalah kemampuan Anda menceritakan sebuah kisah. Kisah atau cerita yang disampaikan harus selaras dan berhubungan dengan semua orang. Pesan dan emosi yang disampaikan melalui sebuah cerita tidak akan pernah dilupakan oleh seseorang yang mendengarkannya.

Untuk berbicara adalah hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang terutama untuk para pemimpin. Kemampuan berbicara yang baik memungkinkan Anda untuk bisa menyampaikan pesan dan informasi dengan lebih baik.

Seperti dikutip di laman liputan6.com,  bahwa menjadi pembicara yang baik itu perlu melakukan seperti di bawah ini:

1. Latihan

Memperbanyak latihan akan membuat Anda terbiasa dengan berbicara di depan banyak orang. Berlatihlah terlebih dahulu di depan kawan atau keluaga Anda.

2. Fokus Pada Topik

Dalam membuat persiapan saat akan berbicara, pilihlah topik yang sangat Anda sukai. Hal ini dapat membantu saat Anda lupa dengan segala persiapan sehingga Anda dapat melakukan inprovisasi saat di atas panggung. Membahas topik yang disuka dapat membuat Anda bereksplorasi lebih banyak.

3. Bahasa Tubuh

Ketika Anda memberikan pidato, penonton tidak hanya mendengarkan isi pidato tetapi juga memperhatikan segala gerak-gerik Anda. Oleh karena itu, bahasa tubuh sangat perlu diperhatikan untuk membuat Anda tampil lebih percaya diri. Cobalah untuk tidak gugup saat berbicara, tarik nafas dalam-dalam dan jangan lupa untuk tersenyum.

4. Lakukan Interaksi dengan Penonton

Saat berbicara di depan banyak orang, tak hanya sekedar pesan saja namun Anda juga harus perlu melakukan kontak dengan para penonton. Anggaplah penonton sebagai teman, dengan seperti itu maka Anda dapat lebih tenang saat menyampaikan sebuah pesan. Jangan lupa untuk terus percaya diri dan yakin akan apa yang Anda sampaikan

5. Bicara Perlahan

Ada banyak keunggulan dalam seni berbicara perlahan. Menurut Brian Tracy, tips ini merupakan yang paling berpengaruh untuk menciptakan kesan mendalam bagi pendengar. Ia adalah seni untuk ‘menyihir’ para pendengar. Berbicara perlahan merupakan faktor utama untuk mengeluarkan pesona Anda saat berbicara. Selain itu, berbicara secara perlahan juga membuat Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan ketika Anda berbicara cepat. Berbicara lebih lambat membuat Anda tampak lebih lancar, lebih luas, lebih ahli, lebih menarik ditambah memungkinkan Anda untuk merasa memegang kendali sementara Anda berbicara.

6. Pahami Kekuatan dan Kelemahan Diri Anda

Setiap pembicara itu unik, punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan Anda harus tahu itu. Anda harus tahu apa kelebihan Anda dan juga kekurangan Anda, kalau Anda punya sense humor yangh tinggi, optimalkan itu tapi kalau tidak, jangan paksakan. Kalau Anda punya gaya formal, tetaplah seperti itu. Jangan paksakan untuk berbicara layaknya gaya seorang motivator atau orator.

Share.

About Author

Comments are closed.