Pengertian dan Fungsi Social Media Analytics

0

Apa pengertian Social Media Analytics?

Social media analytics sebagai bagian dari analisis sosial merupakan suatu proses pengumpulan data dari percakapan pada media digital. Data ini kemudian diproses menjadi wawasan terstruktur yang mengarah pada keputusan bisnis yang lebih didorong oleh informasi dan meningkatkan sentralitas pelanggan untuk merek dan bisnis.

“Social media analytics adalah seni dan sains untuk menggali wawasan tersembunyi yang berharga dari sejumlah besar data media sosial semi-terstruktur dan tidak terstruktur untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang diinformasikan dan berwawasan luas.”

Khan G. F. (2015)

Khan menyebut social media analytics sebagai bagian dari sains dan seni. Ilmu sains digunakan pada metode ini untuk proses identifikasi, penggalian, dan analisis sosial secara sistematis data media (seperti tweet, berbagi, suka dan hyperlink) dengan menggunakan alat dan teknik yang canggih.

Sedangkan seni digunakan untuk menafsirkan dan menyelaraskan wawasan yang diperoleh dengan tujuan dan sasaran bisnis. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil analisis yang optimal, seseorang perlu menguasai keduanya.

Untuk membantu proses analisis, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi berbasis website yang akan membantu Anda memonitor seberapa optimal aktivitas online marketing yang Anda lakukan di media sosial. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan Anda dalam memantau aktivitas di dalam social media.

Mengapa Social Media Analytics Diperlukan?

Ada beberapa alasan mengapa social media analytics diperlukan untuk bisnis Anda, yakni:

Membantu Menelusuri Performa Sebuah Kampanye

Social media analytics diperlukan sebuah perusahaan konvensional maupun perusahaan teknologi digital dalam mensukseskan sebuah kampanye di media sosial. Social media analytics dapat membantu perusahaan untuk menelusuri dan menentukan performa kampanye digital marketing di media sosial.

Secara sederhana, social media analytics akan membantu perusahaan mengidentifikasi apakah kampanye media sosial bisa menghasilkan impresi yang positif terhadap produk atau kampanye yang sedang dijalankan di media sosial atau malah sebaliknya.

Membantu Divisi Marketing

Selain itu, social media analytics juga membantu divisi lain seperti divisi sales atau penjualan dan customer service atau layanan pelanggan.
Dalam menjalankan kampanye di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Perusahaan dapat mengetahui apakah ada kampanye yang bisa menghasilkan penjualan atau tidak.

Selain itu, penelusuran juga bisa diketahui ke mana saja alur audience berjalan dari media sosial. Apakah ke halaman penjualan, pendaftaran atau ke halaman promo sehingga bisa dianalisis secara efektif mana yang paling baik sesuai dengan target atau tujuan yang ingin dicapai.

Share.

About Author

Comments are closed.