Perbedaan Social Media Advertising dan Paid Search

0

Pengertian paid search adalah iklan dalam mesin pencari yang bertujuan untuk membawa pengunjung ke website Anda berdasarkan ‘intent’ pengguna (keyword yang dicari oleh pengguna). Di sebagian besar mesin telusur, hasil penelusuran berbayar disorot dalam warna untuk membedakannya dari penelusuran organik.

Sedangkan social media advertising berarti iklan yang dilakukan di media sosial. Anda dapat menjalankan iklan di LinkedIn, Pinterest, atau YouTube. Tujuannya adalah untuk menghasilkan arahan, mendorong penjualan, meningkatkan brand awareness, dan menjangkau semua orang.

Perbedaan Social Media Advertising dengan Paid Search

Perbedaan social media advertising dengan paid search secara mendasar adalah pada platform atau bentuk media yang digunakan. Jika social media advertising dilakukan pada platform media sosial, paid search atau penelusuran berbayar digunakan di mesin pencari seperti Google, atau Yahoo.

Lalu, apakah iklan ini nantinya berpotensi mengganggu user? Tentu tidak. Iklan yang dilakukan tidak disebar secara bebas, melainkan disesuaikan dengan minat pengguna. Sebagai contoh anggaplah diri Anda sebagai kolektor ikan hias. Maka, iklan yang akan menyasar Anda tentu berhubungan dengan ikan hias, bukan mengenai fashion atau yang lainnya di luar minat Anda.

Jadi pada intinya, social media advertising membantu bisnis untuk menemukan pelanggan baru yang potensial dengan menggunakan informasi pengguna social media tersebut untuk mengidentifikasi minat mereka.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan pada Paid Search dan Social Media Advertising

  1. Paid Search: Kelebihan pada paid search adalah konversi yang dihasilkan rata –rata lebih tinggi dibandingkan dengan social media advertising. Alasannya, karena pengguna sudah memiliki intent untuk membeli atau mencari tahu tentang sesuatu yang dicarinya.
  2. Social Media Advertising: Anda dapat menarget orang yang lebih banyak dengan batasan semua pengguna social media tersebut, sehingga targetnya dapat dibilang tidak terbatas.

Kekurangan pada Paid Search dan Social Media Advertising

  1. Paid SEarch: Anda tidak dapat menambah kuantitas orang yang melakukan search pada suatu keyword tertentu.
  2. Social Media Advertising: Anda perlu memahami strategi Social Media Advertising dengan fitur targeting. Dan jika Anda telah memahami kelebihan dari fitur targeting, maka hal tersebut adalah sebuah keuntungan besar bagi Anda.

Baik paid search maupun social media advertising memiliki perbedaan yang siginifikan dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Sebagai pebisnis, Anda tentu perlu menentukan strategi digital campaign yang tepat untuk menjalankan usaha Anda.

Share.

About Author

Comments are closed.